Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Metode Game Based Learning

Authors

  • Resdilla Pratiwi STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author
  • Yuhanna Yuhanna STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author
  • Sopiah Sopiah STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author
  • Niki Habadi STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author
  • Risma Harahap STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author
  • Rohmatul Aminah STAIN Mandailing Natal, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/7hza6b55

Keywords:

Kreativitas, Belajar, Game Based Learning

Abstract

Game based learning sebagai model pembelajaran yang menggabungkan materi pembelajaran ke dalam pendidikan agar peserta didik saling terlibat satu sama lain melalui kegiatan permainan yang disediakan.  Tujuan dari penerapan metode GBL dalam pembelajaran yaitu untuk meningkatkan krativitas peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuan imajinasinya setalah mengikuti proses pembelajaran. Metode yang dilakukan terdiri dari 6 tahapan, yaitu memilih game sesuai topik, penjelasan konsep, aturan, memainkan game, merangkum pengetahuan, melakukan refleksi. Hasil dari penerapan metode GBL yaitu peserta didik terlihat lebih aktif dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran berlangsung, mengurangi adanya peserta didik yang mengalami kesusahan dalam bersosial, meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkreasi serta mengatur kerjasama yang baik dengan sesama temannya.

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Astivan, D. A. (2013). Penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di SD Karakter Cimanggis. Jurnal Psiko-Edukasi, 11(1).

Dimyanti dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1).

Nur‘Aini, Firosa. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol. 6(3).

Rahman, K. (2014). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi di Sekolah/Madrasah. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Winatha, Komang Redy dan I Made Dedy Setiawan. (2020). Pengaruh Game based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10(3).

Downloads

Published

2024-05-26

Issue

Section

Articles