Manajemen Perencanaan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri 11 Lubuk Jaya Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Authors

  • Stevani Lafitri STIE Widyaswara Indonesia, Indonesia Author
  • Mandra Adrika Putra STIE Widyaswara Indonesia, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/8a9xjf92

Keywords:

Manajemen Perencanaan, Motivasi, Literasi, Numerasi

Abstract

Adapun tujuan dari kegiatan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar literasi dan numerasi siswa dengan manajemen perencanaan. Kegiatan ini dimulai dari pembekalan, selanjutnya dilakukan peleasan dan observasi.  Kegiatan pengabdian yang kita lakukan di SD Negeri 11 Lubuk Jaya Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dalam upaya meningkatakan motivasi belajar literasi dan numerasi siswa melalui manajemen perencanaan berjalan dengan baik, seperti proses pembelajaran literasi siswa melalui kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan mengaar para siswa berkujung ke perpustakaan, yang sudah kita rapikan dan tata sebelumnya. Selanjutanya pembelajaran numerasi siswa melalui game teka-teki dan game ular tangga yang sangat antusias diikuti oleh para siswa, sehingga membuat mereka bergembira sesaat waktu, dan bersemnagat untuk memulai pembelajaran berikutnya.

References

Fisabillillah, Y., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi penerapan literasi dan numerasi pada pelaksanaan kampus mengajar angkatan 3 di sdn 1 kedungkumpul, sukorame, kabupaten lamongan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 876-883.

Novianti, L., Hidayat, R., Sari, L. R., & Putra, M. A. (2024). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Siswa Serta Manajemen Sekolah Di SDN 14 Dalam Koto Surian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3674–3682.

Pendidikan, T. P. B. P. (2007). Psikologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Yogyakarta: UNY Press.

Pressley, T., Allington, R. L., & Pressley, M. (2023). Reading instruction that works: The case for balanced teaching. Guilford Publications.

Suwandayani, B. I., & Ekowati, D. W. (2019). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles