Adaptasi Teknologi dan Pelestarian Lingkungan  Di SMP N 02 Solok Selatan

Authors

  • Elsa Safitri STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author
  • Isnaniah Isnaniah STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/jcws0944

Keywords:

Adaptasi teknologi, pelestarian lingkungan, SMP

Abstract

Tujuan pengabdian ini  adalah untuk mengembangkan perilaku siswa yang berkelanjutan dengan mengambil tanggung jawab dalam meningkatkan dan menjaga lingkungan sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi secara praktis misalnya dengan menggunakan aplikasi dalam pembelajaran. Metode didalam kegiatan ini diawali dari observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Program pengabdini ini telah memberikan kontribusi yang sangat positif dalam mendorong adaptasi teknologi di sekolah. Namun, masih banyak tantangan yang perlu diatasi agar adaptasi teknologi dapat berjalan secara optimal. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan adaptasi teknologi di sekolah dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dan guru. Pelestarian lingkungan adalah upaya sadar dan terencana untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan ekosistem agar tetap seimbang dan dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang. Ini merupakan tanggung jawab bersama seluruh umat manusia untuk memastikan kelangsungan hidup di Bumi.

References

Kementerian Pendidikan Nasional, (2010). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta Kemendiknas Pendidikan Nasional.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2001.

Patmanthara, S. (2012). Model Pembelajaran Menggunakan Implementasi Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi. TEKNO, 5(1).

Purnama, S., Adlika, N. M., Wiyono, H.,Ramadhan, 1., Firmansyah, H., & Budiman, J. (2022). Analisis Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas pada Guru-Guru IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2), 263-279,

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis. Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73.

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles