Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Adaptasi Teknologi di SDN 12 Batang Lawe

Authors

  • Rivaldi Araken STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author
  • Zulmi Aryani STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/7wvk5834

Keywords:

Kampus Mengajar, SDN 12 Batang Lawe, Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi

Abstract

Kampus mengajar adalah salah satu program pemerintah yang di selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan ke tujuh, ditujukan kepada mahasiswa dengan fokus utama untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar dan menengah. Digunakan metode pembelajaran yang menarik berupa adaptasi teknologi kepada siswa sebagai pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran, yakni SDN 12 Batang Lawe yang terletak di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Hasil dari program ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan wawasan, menambah pengalaman, serta memperluas relasi.

References

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Ageng (SENDIKSA-3), 25.

Maulidina, A. P. dan Sri Hartatik. (tanpa tahun). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2.

Oktariani dan Evri Ekadiansyah. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangam kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 24.

Primajasa, M. I., & Aryani, Z. (2023). Peningkatkan Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi, Pojok Baca, Kunjungan Wajib Perpustakaan, Ekstrakurikuler dan Greenhouse Di SD Negeri 01 Sengeti. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1244-1250.

Widyantoro, M., Zulfadhli, M., Hamdani, H., & Rahmawati, N. K. (2022). Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Adaptasi Teknologi di SD Negeri Srijaya 04 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(2), 904-908.

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles