Peran Kegiatan Sosial dan Olahraga Dalam Membentuk Karakter Pemuda Desa Cangkuang

Authors

  • Ahmad Tuhfah Zuhri Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Anwar Nasihin Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Salma Tajki Mulkiyah Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Nova Sopiyati Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Vin Vin Ayu Erlyndia Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Dila Lestari Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Nuruddin Nuruddin Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Fidia Kusumah Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Erni Fitriani Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Irawati Irawati Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/31fndw54

Keywords:

Kepemudaan, Keolahragaan, Sosial, PYD

Abstract

Jurnal ini memperluas pemahaman kita melalui analisis tentang implementasi Peran Kegiatan Sosial dan Olahraga dalam Membentuk Karakter Pemuda Desa Cangkuang yang saat ini menjadi isu yang jarang terdengar sebagai langkah pemerintah desa dalam mengembangkan karakter pemuda umumnya di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi. Dalam pengabdian masyarakat ini, pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi kepada anggota-anggota Karang Taruna Jaya di Desa Cangkuang. Melalui lima dimensi yang terdapat dalam teori PYD dari Lerner kami mengungkap bahwa pada implementasi Peran Kegiatan Sosial dan Olahraga dalam Pengembangan Karakter Pemuda Di Desa Cangkuang sudah cukup optimal dan tepat sasaran.

References

Abidin, D. (2024). Peran Olahraga Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Kerja Tim di Tempat Kerja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5215–5220.

Arif, M. R., & Adi, A. S. (2014). Peran Karang Taruna Dalam Pembinaan Remaja di Dusun Candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 190–205.

Arifianto, R. (2017). Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Pemuda Melalui Pelatihan Karawitan Gamelan Jawa Dusun Plumbon Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Eromoko Wonogiri. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 27–39.

Basthian, I. Z., & Nusantara, W. (2022). Peran Karang Taruna Dalam Menyelenggarakan Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sawentar. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 532–541.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Kholisussadi, H. (2017). Pengaruh Program Karang Taruna Terhadap Perkembangan Konsep Diri Remaja. Jurnal Transformasi, 3(2), 1–64.

Lerner, R. M. (2013). The Developmental Science of Adolescence: History Through Autobiography. Psychology Press.

Maulana, M., Nugraha, D., & Ridwan, H. (2023). Pemberdayaan Karang Taruna Putra Jaya Intan di Bidang Pendidikan, Kewirausahaan, dan Olahraga. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 3(1), 16–25.

Mulyawan, W. (2023). Fungsi Karang Taruna Dalam Memberdayakan Pemuda Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Jurnal Mengabdi Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(2), 154–165.

Ramlan, P. (2020). Optimalisasi Karang Taruna dalam Pengembangan Potensi Generasi Muda di Desa Tuncung. Journal of Community Service, 1(1), 42–49.

Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 1(1), 111–119.

Rowasis, M., & Firdausi, F. (2017). Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu – Kota Batu. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(3), 97–103.

Sudarsih, S., & Widisuseno, I. (2019). Pentingnya Membangun Karakter Generasi Muda di Era Global. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (HARMONI), 3(2), 55–59.

Suharto, E. (2007). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri : Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Refika Aditama.

Wijaya. (2013). Mentalitas Pemuda Pada Masa Pergerakan dan Masa Reformasi di Indonesia. Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, 13(1), 81–82.

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles