Pendampingan dalam Penerapan Mesin Peniris Abon Sebagai Inovasi Teknologi Pada Kelompok UMKM  Usaha Abon  Di Kabupaten Pangkep

Authors

  • Asmeati Asmeati Universitas Muslim Indonesia, Indonesia Author
  • Yanti Yanti Universitas Fajar, Indonesia Author
  • Muhammad Yusuf Ali Universitas Fajar, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/atnmwv53

Keywords:

Mesin Peniris Abon, Abon Ikan, Kualitas

Abstract

Abon adalah produk olahan makanan yang sering digunakan sebagai lauk tambahan, dengan bahan dasar yang biasanya berupa ikan atau daging ataupun telur. Indonesia, dengan kekayaan perairannya, memproduksi berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar serta produksi telur yang melimpah yang potensial untuk diolah menjadi abon. Tujuan kegiatan pendampingan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat Kabupaten Pangkep  khususnya kelompok binaan Kelompok Sikamaseang dalam memanfaatkan mesin peniris abon sebagai inovasi teknologi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi proses produksi abon, memperbaiki kualitas produk, serta memperluas pasar sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Penerapan alat peniris abon ini diharapkan  dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi abon. Setelah diadakan tahap pengembangan, maka diterapkanlah  akan peniris abon ini sama mitra binaan  di Kabupaten Pangkep. Pendampingan dalam penerapan alat peniris abon ini  alat ini diharapkan dapat membantu mitra dan masyarakat setempat dalam meningkatkan kualitas produk abon dan memperluas pemasaran produk tersebut ke toko-toko lokal khsusunya kelompok Sikamaseang yang menjadi mitra binaan dalam kegiatan pengabdian ini.

References

Anonim. 1995. Pengembangan Teknologi Dalam Bidang Alat & Mesin, Pengolahan dan Pemasaran Industri Rumah Tangga di Kabupaten Klaten. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat No. 02/ABMAS/UGM?TP.9/95.

Brown, G.G., 1973. Unit Operations. Charles E. Tuttle Co. Tokyo.

Charm, Stanley E., Sc.D. 1971. The Fundamental Of Food Engineering. Edisi kedua. The Avi Publishing Company, Inc. England.

Earle, R.L. 1983. Unit Operations in Food Processing. Second Edition. Pergamon Press. USA.

Foust, S. A., dkk., 1980. Principles of Unit Operations. 2ed. John Wiley & Sons. New York/ Chischester/ Brisbane/ Toronto.

Heldman, R. D., and Singh, P. R., 1981. Food Process Engineering. Second Edition. . The Avi Publishing Company, Inc. Westport. Connecticut.

Radi. 2004. Rancang Bangun dan Konstruksi Mesin Penyaring Bubur KEDELAI Tipe Sentrifugal. Skripsi S-1. F-TP. UGM.

Downloads

Published

2024-10-07

Issue

Section

Articles