Optimalisasi Pembelajaran Era Merdeka Belajar Melalui Pendampingan Media Pembelajaran Berbasis STREAM-Etno

Authors

  • Sri Setiawaty Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Riska Imanda Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Muttakin Muttakin Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Muhammad Iqbal Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • M. Rafli Al Thotiq Mustafa Universitas Malikussaleh, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/rkn4qm58

Keywords:

STREAM, Kearifan Lokal, Media Pembelajaran

Abstract

STREAM (Science, Technology, Reading, Engineering, Arts and Mathematics) adalah pendekatan pendidikan modern yang mengintegrasikan mata pelajaran penting ini dengan cara yang menekankan pembelajaran interdisipliner secara langsung. STREAM memberi siswa kesempatan unik untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di dunia nyata dan membantu mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan kreatif yang sangat penting dalam dunia yang berubah dengan cepat. Selama ini, integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran di kelas belum maksimal, pendidikan dan nilai kearifan lokal belum sepenuhnya melebur menjadi satu kekuatan baru yang tangguh di tubuh pendidikan. Akibatnya dampak yang diakibatkan oleh pendidikan terhadap pelestarian budaya daerah masing sangat jauh dari harapan. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberikan pendampingan belajar menggunakan media kartu edukatif berbasis augmented reality (AR), sebagai upaya menawarkan alternatif solusi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Aceh yang terintegrasi dengan sains, teknologi, membaca (literasi), teknik, seni dan matematika atau lebih dikenal dengan STREAM-Etno bagi siswa dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan hasil pelaksanaan Tim PKM Unimal, diperoleh pada setiap pembelajaran peserta antusias, aktif dan memperhatikan dengan baik. Peningkatan pengetahuan terlihat dari hasil N-Gain sebesar 80,51% dengan kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan adanya peningkatan pengetahuan dan kecakapan literasi membaca siswa.

References

Bakar, I. S. A., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2019). Effects of Use 3D Visualization Virtual Reality to Increase Scientific Attitudes and Cognitive Learning Achievement. In Journal of Physics: Conference Series, 1397(1): 012040. IOP Publishing.

Imanda, R., Rahmi, A., Setiawaty, S., Dandina, A. D., & Humaira, N. (2022). Development of Chemistry Textbooks Based Scientific Approach in Efforts to Implement Prototype Curriculum at Schools. J. Penelit. Pendidik. IPA, 8(6), 3153-3158.

Nguyen, H. T. T., Sivapalan, S., & Hiep, P. H. (2021). The Transformation from STEM to STREAM Education at Engineering and Technology Institutions of Higher Education. In SHS Web of Conferences, 124: 07003. EDP Sciences.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia PISA Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4(1): 52-53.

Sakdiah, H., Lukman, I. R., & Muliani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ispring Suite Dan Smart Apps Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Sd Di Lhokseumawe Pada Era New Normal. Jurnal Vokasi, 6(2), 120–126. https://doi.org/10.30811/VOKASI.V6I2.3053.

Setiawaty, S., Nuraini, F., Ayu, R., Ratna, U., Izkar, H., Iryana, M., & Ratih, P. S., (2018). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Learning on Student’s Science Process Skills and Science Attitudes. Proceedings of MICoMS 2017. Emerald Publishing Limited, 1 (1).

Setiawaty, S., Lukman, I. R., Imanda, R., Sari, R. P., & Mursyida, L. (2022). Development of Chemistry Puzzles Book for High School Students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1). AIP Publishing.

Setiawaty, S., Imanda, R., & Putra, R. (2023). Educational Transformation Through Virtual Learning Environment (VLE) as an Effort to Improve Students' Critical Thinking Competence. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6885-6889.

Setiawaty, S., Imanda, R., Lukman, I. R., Sakdiyah, H., & Fatmi, N. (2024). Peningkatan Literasi Kebahasaan Anak-anak Marginal di Pesisir Kota Lhokseumawe Melalui Media Puzzle Block dan Buku Sirah Interaktif. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Sosial, 2(1), 1-5.

Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V4I02.1592.

Sun, W., & Zhong, B. (2023). Integrating reading and writing with STEAM/STEM: A systematic review on STREAM education. Journal of Engineering Education.

Unaida, R., Lukman, I. R., Setiawaty, S., Sabrina, N., & Zahara. (2022). Analisis Variasi Model dan Media Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Kota Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5): 7219–7225. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7899/5938.

Zahratu, N. S., Putri, K. F., Lestari, H. A. D., Syahladin, F. R., & Sitanggan, F. (2023). Aktualisasi Kebudayaan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Cibinong. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4): 1181-1192.

Downloads

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles