Pelatihan Penyusunan E-Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan bagi Guru-Guru di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.59837/yh8mac48Keywords:
Pendidikan, Pelatihan, E-Modul, Interaktif, PengetahuanAbstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses belajar bagi peserta didik dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, Tuntutan zaman yang serba digitalisasi mendorong manusia selaku pelaku utama harus dapat menyesuikan dengan kebutuhan zamannya, terutama pada bidang pendidikan. Peran teknologi pada dunia pendidikan wajib dimiliki dan dikuasai oleh semua kalangan, baik bagi pendidik maupun peserta didik. SMK Negeri 1 Jabon merupakan salah satu salah satu sekolah menengah kejuruan yang terletak di kabupaten Sidoarjo-Jawa Timur. Kurikulum yang diterapkan di SMKN 1 Jabon menggunakan kurikulum merdeka. Pembaharuan kurikulum pendidikan bertujuan agar konten kurikulum sesuai dengan perkembangan peserta didik. Terutama pembuatan e-Modul yang memerlukan pengetahuan, keahlian dan keterampilan khusus yang berhubungan dengan penggunaan teknologi dan kemampuan pedagogic. Kebutuhan pengetahuan dan pengembangan yang diperlukan oleh guru-guru salah satunya adalah kegiatan pelatihan yang diadakan untuk mengasah kemampuan mereka dalam penggunaan teknologi, terkhusus dalam pembuatan e-Modul. Pelaksanaan kegiatan pelatihan penyusunan e-modul yang dilaksanakan di SMKN 1 Jabon, guru-guru diharapkan mampu menyusun perangkat ajar yang memudahkan guru dan siswa dalam menghadapi era digital. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah dapat memberikan pengalaman baru bagi guru-guru dalam menyusun dan membuat modul ajar yang interaktif yang dapat meningkatkan minat dan proses pembelajaran yang ada di SMKN 1 Jabon, baik dalam hal pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan kegiatan belajar peserta didik.
References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khadijah, K., & Khaerati, K. (2018). Pengaruh Pelatihan terhadap Peningkatan Kemampuan Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Kompetensi, 11(2), 96-99
Kimianti, Febyarni, dan Zuhdan Kun Prasetyo. (2019). "Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa". Jurnal Kwangsan, Volume 7, Nomor 2, (hlm.91- 103)
Monoarfa, Merrisa. Haling Abdul. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional hasil Pengabdian 2021:”Penguatan Riset, Inovasi dan Kreatifitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19. UNM. ISBN: 978-623-387-015-3
Nasution, R., & Suryana, T. (2019). Penerapan E-Modul Interaktif dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 15(1), 72-85.
Riwayadi, P. (2019).. Pemanfaatan. Perkembangan Teknologi Informasi Dan. Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di. Indonesia. PLS: Data Base.
Sugilar, H. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 18(2), 135-150.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, VoteTEKNIKA 7(2)
Umatin, C, Annisa.C,dkk. (2021). Pengantar Pendidikan. Malang: CV.Pustaka Learning Center
Yunita, M., & Wahyuni, S. (2021). Efektivitas Pelatihan Pengembangan E-Modul bagi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Teknologi dan Pedagogik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(4), 320-333.
Yunus, Muh,dkk. (2021). Pelatihan Penyusunan naskah dan Pembuatan E-Modul Bagi Guru SMAN 3 Takalar. Panrannuangku: Jurnal Pengabdian Masyarakat ISSN: 2798-1096, Volume 1 Nomor 1 (2021). https://doi.org/10.35877/panrannuangku471
Yus Mochamad Cholily, Windy Tunas Putri, and Putri Ayu Kusgiarohmah, ‘Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0’, Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 2019, 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Peppy Mayasari, Marniati Marniati, Lutfiyah Hidayati, Imami Arum Tri Rahayu, Mita Yuniati (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.