Pelatihan Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital di SDN Sirap dan SDN Sirnasari

Authors

  • Siti Umu Hani STAI Riyadhul Jannah Subang, Indonesia Author
  • Aditya STAI Riyadhul Jannah Subang, Indonesia Author
  • Sapitri Rahayu STAI Riyadhul Jannah Subang, Indonesia Author
  • Wulan Ramadan Yulianti STAI Riyadhul Jannah Subang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/tv4xf054

Keywords:

canva, desain grafis, literasi digital

Abstract

Literasi digital adalah fondasi penting dalam pemanfaatan teknologi secara efektif, namun kenyataannya, di Desa Sirap tingkat literasi digital masih sangat rendah, terutama di kalangan siswa SDN Sirap dan SDN Sirnasari. Meskipun siswa tidak diizinkan membawa ponsel ke sekolah, hasil observasi kami menunjukkan bahwa mereka cenderung menggunakan ponsel di luar jam sekolah untuk bermain game dan mengakses media sosial, tanpa mengembangkan keterampilan literasi digital yang bermanfaat. Untuk mengatasi tantangan ini, kami menyelenggarakan workshop pelatihan Canva dengan tujuan meningkatkan soft skill dan kemampuan literasi digital siswa. Metode yang kami terapkan meliputi penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan, yang memungkinkan kami untuk secara langsung mengamati interaksi peserta dan memberikan dukungan yang efektif. Hasil dari workshop ini sangat memuaskan, karena menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan aplikasi desain grafis. Selain mempelajari teknik desain, siswa juga diajak untuk berpikir kreatif dengan memecahkan masalah, menyusun ide, dan memilih elemen visual yang tepat untuk menyampaikan pesan secara efektif. Pelatihan Canva ini diharapkan menjadi jembatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di era digital 4.0.

References

Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa Smu Menggunakan Aplikasi Canva Pada Ponsel Pintar. Journal Of Appropriate Technology For Community Services, 2(2), 86–91.

Karo Karo, D., Mbuha, A. K., & Jarang. (2023). Desain Materi Pembelajaran Berbasis Proyek : Memotivasi Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Journal Pendidika Agama 3(3), 262–284.

Kusumasari, E. D., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 22–29. https://Doi.Org/10.57251/Tem.V3i1.1399

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://Doi.Org/10.53947/Perspekt.V1i2.32

Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500–1511.

Pratiwi, U. (2021). Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi Canva. Diva Press.

Rahayu, S. V. S., & Adriadi, R. (2024a). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Literasi Digital Pada Poster Siswa Kelas Vi Sd Negeri 15 Kota Bengkulu. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 203–212. https://Doi.Org/10.30656/Ps2pm.V6i1.8777

Rahayu, S. V. S., & Adriadi, R. (2024b). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Kreativitas Literasi Digital Pada Poster Siswa Kelas Vi Sd Negeri 15 Kota Bengkulu. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 203–212.

Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rohman, A., Masduki Asbari2, D. R. (2024). Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi. Journal Information Systems And Management, 3(1), 1–4. https://Jisma.Org/Index.Php/Jisma/Article/View/742/128

Safitri, V., Winani, B. R., & Et.Al. (2023). Mengembangkan Kemampuan Publik Speaking Untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak Di Md Bustanul Wildan Desa Cibitung. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 752–759.

Setiawan, Y., & Kurniawati, N. (2021). Pengaruh Pelatihan Desain Grafis Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Siswa. Pendidikan Dan Pembelajaran Digital.

Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80.

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290

Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296

Wibowo, H. S. (2023). Ice Breaker Dan Pembelajaran. Tiram Media.

Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 Sdn Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965

Downloads

Published

2024-12-07

Issue

Section

Articles