Pemanfaatan Teknologi Digital: Aplikasi Kahoot dalam Kegiatan Asistensi Mengajar di SMA NU Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.59837/8y34yk63Keywords:
Teknologi Digital, Kahoot, Asistensi Mengajar, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Pembelajaran InterajtifAbstract
Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan semakin penting untuk menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman. Artikel ini membahas implementasi aplikasi Kahoot dalam kegiatan asistensi mengajar di SMA NU Palangka Raya sebagai bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Kahoot terhadap partisipasi siswa, efektivitas pembelajaran, dan pengembangan kompetensi mahasiswa asisten mengajar. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner kepada siswa, guru, dan mahasiswa asisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kahoot meningkatkan partisipasi siswa sebesar 85%, mempermudah guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara real-time, dan mendukung mahasiswa asisten dalam mengembangkan keterampilan mengajar berbasis teknologi. Meski demikian, beberapa kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Kahoot merupakan inovasi pembelajaran yang efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Artikel ini juga merekomendasikan penguatan infrastruktur digital dan pelatihan bagi tenaga pendidik untuk mendukung keberlanjutan program ini di berbagai institusi pendidikan.
References
Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
Hamid, A., Wahira, W., & HB, L. (2024). Jurnal PEDAMAS ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) Volume 2 , Nomor 3 , Mei 2024 ISSN : 2986-7819 TRAINING ON MAKING WORK PLANS. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 629–636.
Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.10477
Hidayah, R. T., Iskamto, D., & Putri, R. K. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Dengan Canva dan Kahoot! Pada MTs Qirotussab’ah Kudang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i2.609
Ikaningrum, R. E., Indriani, L., & Setyowati, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi pada Guru SD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 113–118. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.501
Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/20431/6859
Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441
Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Rahmawati, Zaitun Qamariah, Nikmah Wahyuni (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.