Pelatihan Kuis Digital: Upaya Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa Calon Guru
DOI:
https://doi.org/10.59837/c52trg26Keywords:
Kuis digital, Pembelajaran, Kompetensi MahasiswaAbstract
Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan kompetensi mahasiswa calon guru dalam menggunakan kuis digital sebagai media yang efektif dan interaktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu memberikan pelatihan penggunaan platform kuis digital (Quizizz, Kahoot dan Socrative) dalam pembelajaran yang melibatkan 25 mahasiswa semester 5 dari program studi pendidikan matematika sebagai subjek kegiatan. Hasil pelatihan penggunaan platform kuis digital secara efektif meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru dalam merancang dan mengelola pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, penggunaan platform kuis digital dalam pendidikan calon guru sangat disarankan untuk memperkenalkan mereka pada metode pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan menyenangkan.
References
Agustina, L. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI KUIS ONLINE QUIZIZZ. Sesiomadika, 1–7.
Alifiani, Jiwandono, N. R., & Nursit, I. (2017). Pengembangan Tes Online Menggunakan Thatquiz Pada Bidang Studi Matematika. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 41–60.
Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Bognár, L., Fauszt, T., & Váraljai, M. (2021). The Impact of Online Quizzes on Student Success. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(11), 225. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i11.21679
Br Sembiring, T., Aina, M., Yuniwati, I., Mardiah, A., Rohmiyati, Y., & Utami, B. (2024). Pelatihan Interaktif: Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 1715–1728.
Dermawan, D. A., & Ramadhan, A. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALACRITY : Journal of Education, 03(01), 381–390. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.363
Hamdani, H., Kumalasari, R., Kusuma, A. P., Zulfa, N. Q., & Tambunan, A. M. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Digital berbantuan Virtual Laboratory berbasis STEM di MTsN 8 Majalengka. Jurnal Abdidas, 5(3), 581–590. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i5.1016
Johni, M. A., Zakir, S., Efriyanti, L., & Darmawati, G. (2024). Perancangan Kuis Digital Berbasis Gamifikasi Menggunakan Blooket pada Mata Pelajaran Informatika di SMPN 3 Bukittinggi. Education Achievment: Journal of Science and Research, 5(3), 939–946.
Pentury, H. J., Rangka, I. B., & Anggraeni, A. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring. Jurnal Surya Masyarakat, 3(2), 109. https://doi.org/10.26714/jsm.3.2.2021.109-114
Prasetya, A. D., FN, A. B., & Ilham, B. (2023). Pelatihan Digitalisasi Quiz Menggunakan Quizizz untuk Pengajar SMP Johanes Bosco. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 208–213.
Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Terang, 4(1), 83–90.
Rejeki, S., Riyadi, & Siswanto. (2021). Analysis of students’ problem-solving ability in solving geometry problem. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042075
Suryani, M., Melisa, & Rahmi. (2024). Pelatihan Pembuatan Asesmen Pembelajaran Berbasis Kuis Interaktif Bagi Guru Matematika di SMA Pertiwi 1 Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(4), 7–14. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jpmi.v1i4.977
Yanti, N. W. M. J., & Wedayanthi, L. M. D. (2024). Analisis Pemanfaatan Platfrom Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggsis di SMAN 2 Bangli. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(6), 42–49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruf'aniyah Ruf'aniyah, Izzul Haq Candra Firdaus, Moh Khoirul Mustagfirin N, Isbadar Nursit, Zainal Abidin (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.