Pendampingan Program Belajar Bahasa Inggris SMAJEDUCAP : Smart-Joyful Educaplay Platform Berbasis Lesson Study Di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.59837/7yn48p28Keywords:
SMAJEDUCAP, Bahasa Inggris, Educaplay, Lesson StudyAbstract
Tujuan artikel ini yaitu untuk menguraikan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk pendampingan program belajar Bahasa Inggris SMAJEDUCAP: Smart-Joyful Educaplay Platform Berbasis Lesson Study pada Kelompok Kerja Guru Bahasa Inggris (KKG) Sekolah Dasar Dewi Sartika di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu pendekatan active learning dimana para peserta berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pendampingan yang berbentuk interactive workshop, yaitu kegiatan yang difasilitasi secara terstruktur dan ada interaksi dua arah antara para peserta dan tim pengabdian. Kegiatan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan pada tanggal 8, 15, 22, dan 29 September 2023 bertempat di SD IT Nurul Fikri. Simpulan pengabdian kepada masyarakat yakni para peserta dapat mengenal dan memahami kegiatan program belajar Bahasa Inggris SMAJEDUCAP secara benar dan baik serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas masing-masing.
References
Davis, V. (2021). How to Make Classroom Games with Easy, Awesome Educaplay. https://www.coolcatteacher.com/how-to-make-classroom-games-with-easy-awesome-educaplay/
GTK Belajar. (2022). Merdeka Belajar Abad 21.https://www.gtkbelajar.id/2022/06/merdeka-belajar-abad-21.html.Diakses tgl 8 Oktober 2022.
Kabar Patigo. (2021). Kota Pati dengan 5 Keunikan yang Jarang Diketahuinya. https://www.kabarpatigo.com/2021/01/kota-pati-dengan-5-keunikan-yang-jarang.htmlDiakses 2 Juli 2023.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka.https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/. Diakses 19 Oktober 2022.
Muliawati AS, Rini. (2022). Guru antara Harapan dan Fakta. Disdik Purwakarta. https://disdik.purwakartakab.go.id/guru-antara-harapan-dan-fakta. Diakses tgl 8 Oktober 2022.
Purwantiningsih, A., Suharso, P., & Ismaya, E. A. (2018). Pendidikan Untuk Memecahkan Masalah Bangsa Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru (Belajar dari Pengalaman Jepang). Refleksi Edukatika:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). Doi:https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2805
Salirawati, Das. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Saroni, Dede. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. MTSN 1 Kota Tangerang Selatan. https://mtsn1kotatangsel.sch.id/read/26/peran-guru-dalam-pembelajaran-abad-21. Diakses tgl 8 Oktober 2022.
SD IT Nurul Fikri Trangkil. (2023). Profil SD IT Nurul Fikri.https://sditnurulfikritrangkil.sch.id/profil/Diakses 2 Juli 2023.
Surachmi W, S., & S. Sison, K. J. (2021). Educaplay As Teaching Media In Virtual Classes. Bogor English Student And Teacher (BEST) Conference (pp. 1-6. Volume 3). Bogor: http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/best/article/view/1110 .
Technologyedu. (2021). Educaplay: Create Free Educational Games for Your Students. Technologyedu.com. https://technologyeduc.com/create-free-educational-games-in-educaplay/
Webe, Agung. (2010). Smart Teaching: 5 Metode Efektif Lejitkan Prestasi Anak Didik. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Surachmi, Slamet Utomo, Erik Aditia Ismaya, Su'ad Su'ad (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.