Pemberdayaan Kelompok Pemuda Lewat Pelatihan Pemanfatan Limbah Ampas Teh Sebagai Media Lukis

Authors

  • Sahlan Sahlan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia Author
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/653g9824

Keywords:

Pemberdayaan, Pemuda, Ampas Teh

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh potensi industri yang menghasilkan limbah yang cukup besar di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Sektor industri yang memberikan konstribusi kepada masyarakat sekitar, namun secara tidak langsung dari limbah yang dihasilkan  oleh salah satu perusahaan tersebut, ternyata bisa dimanfaatkan oleh sekelompok pemuda atau komunitas yang tentunya dapat berdampak positif dalam meningkatkan nilai ekonomi masyarakat desa. Dengan demikian salah satu indikator terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat terutama untuk kalangan pemuda Desa mampu memberikan konstribusi kepada pemerintah setempat  serta menjadi wadah diskusi dan pengaduan bagi kelompok masyarakat atau kelompok pemuda sebagai bagaian dari bentuk pegabdian sebagai warga setempat. Secara konseptual tiap pemuda yang dibentuk dapat memainkan peran tunggal ataupun ganda. Khusus untuk kegiatan ekonomi yang diarahkan sebagai lembaga ekonomi, diantaranya adalah kelompok pemuda. Program pengabdian kepada masyarakat ini hadir untuk menambah wawasan/pengetahuan mitra yakni Kelompok Pemuda Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa sebagai upaya pengembangan nilai ekonomi  melalui pelatihan pemberdayaan kelompok pemuda sebagai bentuk langkah  produktif yang diarahkan pada upaya peningkatan nilai ekonomi, kemandirian dengan pengolahan limbah ampas teh sebagai bentuk efisiensi dalam pengelolaan limbah dan pengurangan pencemaran lingkugan.

References

Devi, Reswimar, Almasri., 2014. Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pembangunan Pedesaan. Jurnal El-Riyasah, Juni 2014 Volume 5 No. 1 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Djakfar.Z.R.,2013. Ekonomi Pertanian, Cetakan Pertama: PT.Raja Grafindo Persada:Jakarta

Mardikanto, Totok. 2001. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta : Sebelas Maret University.

Kasryno,2016. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1): 62–71.

Syahyuti,dkk, 2018, Ekonomi Pembangunan, FE UGM. Yogyakarta

Downloads

Published

2024-08-09

Issue

Section

Articles