Strategi Pemanfaatan Limbah Peternakan Lokal Sebagai Pupuk Organik Cair Dalam Mendukung Produktivitas Pertanian Di Desa Sugihwaras

Authors

  • Saraswati Saraswati Universitas Bojonegoro, Indonesia Author
  • Reza Septiana Refani Universitas Bojonegoro, Indonesia Author
  • Amalia Ma’rifatul Maghfiroh Universitas Bojonegoro, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/ztd24a71

Keywords:

Limbah peternakan, Petani, POC, Pupuk Organik Cair, Sugihwaras

Abstract

Permasalahan pada ketergantungan pupuk hingga saat ini masih belum terselesaikan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada petani untuk pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.  Sasaran dalam pelatihan ini adalah petani desa Sugihwaras kecamatan Ngraho kabupaten Bojonegoro. Metode yang dilakukan terdapat beberapa tahapan yaitu persiapan dan pelaksanaan. Proses pada setiap tahapan metode dilakukan koordinasi secara bertahap oleh PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), agar memberikan hasil yang maksimal dan lebih efisien. Memanfaatkan limbah peternakan berupa urin kambing untuk dijadikan pupuk organik cair sebagai alternatif dalam mengatasi kelangkaan serta ketergantungan pupuk kimia. Hasil dari pupuk organik cair diaplikasikan pada tanaman toga. Pelatihan ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi polusi lingkungan dan juga dapat digunakan untuk kebutuhan petani terhadap pupuk yang semakin mahal dan susah payah diperoleh. Pelatihan pupuk organik cair yang telah dulakukan memberikan banyak manfaat kepada para petani seperti meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petani dalam pembuatan pupuk organik cair yang ditandai dengan kemampuan petani untuk membuat pupuk organik cair setelah pelatihan. Dengan tersedianya pupuk organik cair maka kebutuhan petani terhadap pupuk dapat terpenuhi dan mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia.

References

Abidin, J., Octaviani, R., F. T. N. (2013). Strategi Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pengembangan Pertanian di Kabupaten Bogor, dan, Kasus di Kecamatan Pemijahan dan Leuwiliang, S., Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pengembangan Pertanian Kabupaten Bogor, S. DI, Kasus Kecamatan Pemijahan Dan Leuw. Manajemen Pembangunan Daerah, 5(2).

Ahadiyat, Y. R., Widiyawati, I., & Fauzi, A. (2021). Penerapan Sistem Pertanian Organik dengan Aplikasi Pupuk Organik Cair Urin Kelinci pada Padi Sawah. Agrokreatif, 7(3).

Ekawandani, N., & Halimah, N. (2021). Pengaruh Penambahan Mikroorganisme Lokal (MOL) Dari Nasi Basi Terhadap Pupuk Organik Cair Cangkang Telur. Pendidikan Biologi, 6(2).

Hayati, N., Maksum, H., Made, U., Rahmawati, S., & B. N. (n.d.). PROGRAM DESA MITRA: PENERAPAN ZERO WASTE AGRICULTURE MELALUI PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR BIOKULTUR DAN BIOURIN.

Maghfiroh, A. M., & Abryandoko, E. W. (2024). Pelatihan Pengolahan Sampah dengan Mesin Pirolisis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 65–70.

Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (2023a). Pelatihan Pembuatan Kipas Angin Portabel Di Mts Abu Darrin Bojonegoro. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6290–6294.

Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (2023b). Pelatihan Pembuatan Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 93–100.

Prasetyo, D., Evizal, D. R., Tanah, J. I. (2021). PEMBUATAN DAN UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PUPUK ORGANIK CAIR. Pertanian, F., Lampung, U., Agroteknologi, J., Sumantri, J., No, B., Meneng, G., & Lampung, B., 20(2).

Downloads

Published

2024-08-23

Issue

Section

Articles