Pelatihan Penguatan Self Eficacy Dalam Belajar English Literacy Dan Numeracy Terhadap Siswa Inklusif (Slow Learner) Di SMPN L. Sidoharjo

Authors

  • Ayu Oktaviani Universitas PGRI Silampari, Indonesia Author
  • Ahmad Gawdy Prananosa Universitas PGRI Silampari, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/460znj03

Keywords:

Pelatihan, Self Eficacy, Literacy and Numeracy

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarkat yang telah dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 12, 13 dan 14 Agustus 2024 ini adalah untuk penguatan Self Eficacy pada siswa slow learner yang tergabung pada kelas Inklusif dengan bahan materi yaitu Basic English atau English Literacy dan Numeracy. Pelatihan penguatan Self Eficacy dan English Literacy dan Numeracy dilaksanakan dalam durasi 3 pertemuan dan terdiri dari beberapa sesi. Metode- metode yang digunakan adalah ceramah, kelompok diskusi dan konseling, games serta vocabulary challenges. Pelatihan ini berisi tentang pengenalan Self Eficay Training, Generasi Z cinta Literasi dan English vocabulary. Untuk mengukur kegiatan berhasil atau tidak pelaksana PKM menggunakan tes Bahasa inggris dan interview. Hasil capaian yang diperoleh adalah terlaksananya pelatihan penguatan Self Eficacy, dalam hal ini terlihat slow learner yang mengikuti kegiatan yang awalnya tidak mau mengerjakan tugas berbahasa inggris setelah diberikan penguatan self efficacy slow learner dengan jumlah 20 siswa mengumpulkan tugas yang sudah di perintahkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan Peningkatan dalam memahami Bahasa Inggris dalam kata hingga kalimat sangat sederhana serta peningkatan dalam mengenal angka atau simbol dengan menggunakan Bahasa Inggris, dalam hal ini dibuktikan dari total 20 slow learners yang tergabung pada kelas khusus terdapat 12 siswa yang bisa menjawab dengan minimal skor yaitu 70 sesuai dengan standar KKM pada kurikulum sekolah. Kemudian, 8 siswa lagi mendapatkan skor dibawah KKM yang artinya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat ini juga ada 2 dosen Unpari yang dibantu oleh 3 mahasiswa yang sudah memiliki kemampuan English for young learner sangat baik dengan dibuktikan ketiga nya lulus Mata Kuliah English for Primary Learner.

References

Abdurrahman, J (2010). Islamic Parenting: Pendidikan Anak. Solo: Aqwam.

Cooter, K.S., Cooter, R. B. (2004). One size does’t fit all: low learner in the reeding classroom. The reading teacher, 57 (7), 680-684.

Ormrod Jeane Ellis . (2008). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Ratnawulan, E & Rusdiana, A. 2020. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ridwan, M & Ananda, Alfiah Kalsum, 2007. Hikmah Mempesona dari Anakku. Jakarta : Gema Insani.

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Articles