Wawancara Sebagai Salah Satu Tahapan Dalam Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Authors

  • Didik Irawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia Author
  • Divania Fazrina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia Author
  • Wustari L. Mangundjaya Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/jcwe9h65

Keywords:

rekrutmen, seleksi, wawancara

Abstract

Setiap organisasi/perusahaan memerlukan sumber daya untuk menjalankan proses bisnisnya, manusia menjadi salah satu sumber daya paling penting dalam mewujudkan tujuan organisasi. Untuk itu supaya terjamin kualitasnya, maka diperlukan proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Dalam menjalankannya terdapat beberapa tahapan yang diantaranya tersebut merupakan wawancara. Wawancara merupakan proses tanya jawab antara dua orang, yang mana dalam proses seleksi karyawan dijadikan metode dalam melihat kesesuaian antara individu dengan posisi yang dilamar berikut dengan nilai terdapat pada organisasi tersebut. Makalah  ini bertujuan untuk membahas mengenai (1) proses wawancara dalam rekrutmen dan seleksi karyawan, (2) teknik-teknik wawancara yang digunakan dalam proses rekrutmen dan seleksi wawancara, (3) perbedaan tahapan dan tujuan wawancara antara operator dan non operator (staf ke atas) dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Untuk dapat menjawabnya maka peneliti melakukan wawancara dengan salah satu staf pada sebuah organisasi yang bergerak di bidang manufaktur.  Berdasarkan hasil wawancara diperoleh hasil sebagai berikut: wawancara dalam proses seleksi karyawan meliputi beberapa tahapan seperti, pembuatan janji dengan pelamar, perkenalan, rapporting, memberikan pertanyaan seputar perusahaan, pengalaman, serta uraian jabatan pekerjaan sebelumnya, pertanyaan personal, serta penutupan sesi. Selain itu, juga ditemukan beberapa perbedaan terkait tahapan seleksi untuk kandidat operator dan non operator (staf ke atas). Perbedaan tersebut terletak pada frekuensi wawancara yang dilakukan, berikut dengan aspek-aspek yang menjadi bahan pertimbangan dalam penilaian.

References

Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 518-534.

Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods Ins Social Research. McGraw Hill.

Mathis, R. L. & Jackson, J. H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mangundjaya, W. L, Nurdiana, E , Hamidah, N , dan Fithriyani, R (2024). Pendekatan Psikologis Dalam Proses Rekrutmen Dan Seleksi, Jurnal Pengabdian Sosial, Volume 1, No. 8, hal 845-849. https://doi.org/10.59837/atd07w24

Mangundjaya, W. L (2023). Konsep strategi manajemen Sumber Daya Manusia dalam buku Human resources strategy creating comnnection and catalyzing transformation, Yogyakarta, Madani Berkah Abadi.

Mangundjaya, W. L. (2022). Materi pelatihan wawacara seleksi. Jakarta: Performacita.

Sandroto, C. W. (1999). Wawancara sebagai salah satu alat seleksi. Bina Ekonomi, 3(2). Hal. 16-21, https://doi.org/10.26593/be.v3i2.521.%25p

Stewart, C & Cash, W (2017). Interviewing: Principles and Practices 15th Edition, USA: McGraw Hill.

Downloads

Published

2024-07-09

Issue

Section

Articles