Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sketchup Desain Interior Pada Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.59837/2z3mky89Keywords:
SketchUp, Desain interior, PelatihanAbstract
Penggunaan aplikasi SketchUp dalam desain interior telah menjadi fokus utama dalam pelatihan untuk program keahlian desain permodelan dan informasi bangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pelatihan menggunakan SketchUp dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Banda Aceh dalam merancang desain interior. Metode pelatihan yang digunakan mencakup sesi praktik langsung, studi kasus, dan diskusi kelompok yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Pelatian ini dilakukan dengan menganalisis respons peserta terhadap materi, sebelum dan sesudah mengikuti kursus . Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep dasar desain interior dan kemampuan teknis menggunakan aplikasi. siswa Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pendekatan pelatihan yang interaktif dan terstruktur. Hasil dari penelitian ini memberikan rekomendasi untuk integrasi yang lebih baik dari pelatihan aplikasi SketchUp dalam kurikulum pendidikan desain interior, serta pentingnya pelatihan yang berkelanjutan untuk memastikan siswa dapat mengembangkan keterampilan mereka secara maksimal dalam merancang dan memvisualisasikan ruang interior menggunakan teknologi terkini seperti SketchUp.
References
Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Metodepenelitiankuantitatifkualitatif Dan Rd
Faiztyan, I. F., Isnanto, R. R., & Widianto, E. D. (2015). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3d Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3d. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(2), 207. Https://Doi.Org/10.14710/Jtsiskom.3.2.2015.207-212
Nasukha, T. Z., Kuncoro, A. H. B., Rahmawati, D., & Zhafira, T. (2023). Pelatihan Dasar Software Sketchup Kepada Remaja Rt.04 Rw.01 Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Jurnal Pengabdian Kolaboratif, 1(2), 1. Https://Doi.Org/10.26623/Jpk.V1i2.5975
Pamurti, A. A., Wahjoerini, W., & Prakasa, R. R. (2022). Pelatihan Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan Software Sketchup Bagi Siswa Sman 11 Semarang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1399. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10567
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. Https://Doi.Org/10.24034/J25485024.Y1999.V3.I2.1886
Setiawan, S. I. A. (2011). Google Sketchup Perangkat Alternatif Dalam Pemodelan 3d. Jurnal Ultimatics, 3(2), 6–10. Https://Doi.Org/10.31937/Ti.V3i2.298
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zuhrahmi Zuhrahmi, Mahmuddin Marbun, Asdiana Asdiana, Zulyaden Zulyaden, Veranita Veranita, Rinaldy Rinaldy (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.