Penataan Perpustakaan dan Pembuatan Pojok Baca di SD Negeri 027/XI Kampung Diilir

Authors

  • Nadia Indah Putri STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author
  • Yunadil Husni STKIP Widyaswara Indonesia, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/599xes58

Keywords:

Pojok baca, Perpustakaan, Literasi

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek) untuk mentrasformasi pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di Indonesia agar lebih relavan dengan kebutuhan zaman dan perubahan yang terjadi dengan sangat cepat di dunia kerja. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program flagship MBKM yang diselerengarakan secara nasional oleh Kemendikbudristek. Melalui program ini, mahasiswa diajak untuk melakukan pengembangan kompetensi dan keterampilan diri dengan menjadi agen perubahan dan transformasi di Indonesia. Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mempertajam kompetensi abad 21 (berpikir analitis, penyelesaian masalah, kepemimpinan, manajemen tim, kreativitas, serta komunikasi interpersonal) melalui aktivitas pengembangan pendidikan dasar dan menengah, selain itu Kampus mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelasperkuliahan.

References

Abd Rahman BP, Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-unsur Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.Edisi Juni 2022

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.(2020). Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.(2024).Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024. Jakarta:Program Kampus Mengajar

Lili Ratnasari.(2023). Pendampingan Adaptasi Teknologi, Gerakkan Sekolah Dan Administrasi Sekolah di SDN 147/III Pengasi Baru.

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81-88.

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles