Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Buah Nipah (Nypa Fruticans) Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Di Desa Paloh Gadeng

Authors

  • Fakhrah Fakhrah Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Ratna Unaida Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Henni Fitriani Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Nurul Hajizah Pane Universitas Malikussaleh, Indonesia Author
  • Wandira Kinanti Universitas Malikussaleh, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/tbxf7r97

Keywords:

Buah nipah, manisan, nilai ekonomis

Abstract

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu kelompok petani dari masyarakat yang belum produktif secara ekonomi tetapi memiliki hasrat kuat untuk menjadi wirausahawan. Kegiatan PKM ini akan diterapkan pada Masyarakat Desa Paloh Gadeng, Kec. Dewantara, Kab. Aceh Utara. Kendala yang dihadapi mitra adalah sulit menentukan teknik pengolahan yang tepat pada buah nipah (Nypa fruticans Wurmb), pengetahuan mitra terhadap teknik pengolahan buah nipah masih minim. Dari permasalahan yang dihadapi oleh mitra, diperlukan beberapa solusi diantaranya dengan memberikan pendampingan pemberdayaan kelompok masyarakat tentang penerapan ilmu dan teknologi dalam kegiatan: 1) pengetahuan mengenai tanaman dan manfaat buah nipah (Nypa fruticans); 2) penerapan teknologi pengolahan pangan berbasis sumber daya lokal yang meliputi pemilihan buah nipah, jenis, dan teknik pengolahan buah nipah segar; dan 3) pengolahan buah nipah agar menjadi bahan pangan olahan dengan nilai ekonomis tinggi seperti manisan dan 4) proses produksi dan manajemen pemasaran produk olahan buah nipah. Metode yang dipakai adalah pemberdayaan partisipati aktif kelompok tani pada mitra dengan transfer ilmu dan teknologi tentang pengenalan dan manfaat buah nipah, pengolahan buah nipah melalui pendampingan langsung di lapangan. Kesimpulan si diperoleh bahwa mitra mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah buah nipah sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.

References

Agustina, R., M. Yasar, T. Ferijal., S. Hartuti., & I. Zikri. (2024). Pengolahan Manisan Belimbing Wuluh Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Sehat. Jurnal Pengabdian Pembangunan Pertanian Dan Lingkungan, 1(2), 99–105.

Indriani, D.P., H. Marisa dan Zakaria. 2009. Keanekaragaman spesies tumbuhan pada kawasan mangrove Nipah (Nypa fruticans Wurmb.) di Kec. Pulau Rimau Kab. Banyuasin Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Sains 12 (3): 1-4.

Nelsi, M., Akbar, I. R., & Kristianti, L. S. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Guna Mencapai Desa Mandiri Sejahtera Di Desa Rancasumur, Kecamatana Kopo, Kabupaten Serang-Banten. Abdi Jurnal Publikasi, 2(6), 255–263.

Radam, R.R. 2009. Pengolahan Buah Nipah (Nypa fruticans wurmb) Sebagai Bahan Baku Manisan Buah Kering dan Manisan Buah Basah. Jurnal Hutan Tropis Borneo Volume 10 No. 27, Edisi September 2009

Ramlah, R., I. Indrastuti., H. Haerani., Iqraini, N., & Mahful, R. (2023). Pemanfaatan Diversifikasi Pangan Sehat Jewawut Sebagai Peluang Usaha Masyarakat Desa Lego Polewali-Mandar. Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat, 2(2), 126–133.

Winarno, F.G., 1995. Kimia Pangan dan Gizi. PT. Gramedia Pustaka utama. Jakarta.

Downloads

Published

2024-10-12

Issue

Section

Articles