Peran Majelis Taklim Al Munawaroh Dalam Pengembangan Masyarakat Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Di Desa Gelombang Panjang Dusun I Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia Author
  • Jerina Sari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia Author
  • Putri Oktarina Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/385nsq94

Keywords:

Majelis Taklim, Kesadaran Beragama, Masyarakat

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk pendekatan bimbingan ini dilaksanakan atas dasar kerjasama mahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung dengan segenap masyarakat dusun I desa Gelombang Panjang kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung. Majelis Ta’lim merupakan tempat pengajaran atau pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran Islam. Sebagai sebuah sarana dakwah dalam pengajaran agama. Metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, dan silahturahmi. Tujuan (1) untuk memahami latar belakang didirikan majelis taklim di Desa Gelombang Panjang; (2) untuk memahami kegiatan-kegiatan majelis taklim di Desa Gelombang Panjang; (3) untuk memahami peranan majelis taklim dalam meningkatkan kesadaran beragama, (4) untuk memahami metode-metode yang digunakan dalam kegiatan majelis taklim. Hasilnya Masyarakat Gelombang Panjang sedikit mulai mengerti tentang kewajiban dan hak mereka sebagai muslim sejati sesuai tuntunan Islam.

References

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas,1998).

Hamim Farhan. “Ritualisasi Budaya-Agama dan Fenomena Tahlilan yasinan Sebagai Upaya Pelestarian Potensi Kearifan Lokal dan Penguatan Moral Masyarakat”. (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik) jurnal Logos Vol.5 No.2 Januari 2008.

Marsikhan Manshur, “Agama dan Pengalaman Keberagamaan”, Madinah: Jurnal Studi Islam, (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia), Volume, 4 Nomor 2 Desember 2017.

Sidiq Cahyadi, “Peran Majelis Ta’lim dalam Pendidikan Akidah pada Masyarakat di Desa Kalikobok Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen”, Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta, 2017.

Tim Penyusun, Pedoman dan Silabus Majelis Ta’lim, (Jakarta : Kementerian Agama RI Direktorat Jenderal Bimas Islam Direktorat Penerangan Agama Islam, 2013).

Yusri, “Peranan Majelis Ta’lim Anas Bin Malik dalam Membina Silaturrahim Masyarakat Desa Kanjilo Kecamatan Barombongan Kabupaten Gowa”, Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar, 2017

Downloads

Published

2024-02-26

Issue

Section

Articles