Penyuluhan tentang Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Pada Masyarakat Desa Saliki Kecamatan Muara Badak

Authors

  • Eko Sugiharto Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia Author
  • Juliani Juliani Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia Author
  • Nurul Ovia Oktawati Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/h3x3jb47

Keywords:

penyuluhan , pengembangan , jiwa kewirausahaan

Abstract

Desa Saliki merupakan salah satu Desa di Kecamatan Muara Badak yang cukup terkenal dengan olahan amplang, apalagi di tengah pandemi Covid-19, usaha para ibu UMKM ini pun terkena dampaknya yaitu terjadi penurunan daya beli masyarakat. Kegiatan penyuluhan adalah kegiatan yang berorientasi pada aplikasi keilmuan di perguruan tinggi. Dosen yang mengampu tugas dalam Tridarma Perguruan Tinggi satu diantaranya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui kegiatan penyuluhan langsung ke masyarakat perikanan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah :1. Penguatan jiwa kemandirian terutama dalam pengelolaan sumberdaya perikanan. 2. Menciptakan pola alternatif mata pencaharian di masyarakat Desa Saliki. 3.Mengembangkan diversifikasi produk olahan hasil perikanan  .Kegiatan pengabdian masyarakat di selenggarakan Kegiatan Penyuluhan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 dengan lokasi Desa Saliki Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penyuluhan yang digunakan adalah Tahapan persiapan, Tahapan Pelaksanaan Kegiatan Utama, tahapan monitoring dan evaluasi. Hasil dan pembahasan Penyuluhan yang dilaksanakan ditargetkan dapat melibatkan kelompok Pengolah Hasil Perikanan yang berada di Desa Saliki Kecamatan Muara Badak, dengan asumsi sejumlah 20 orang yang terhimpun dalam setiap kelompok pengolah hasil perikanan dan mitra kegiatan diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.  Mitra diharapkan bersedia menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mendukung kegiatan tersebut. Desa Saliki termasuk wilayah Kecamatan Muara Badak yang masuk wilayah Delta Mahakam.  Berbagai hasil budidaya Perikanan dan tangkapan nelayan ini sebagian besar dipasarkan dalam bentuk segar, dan sebagian kecil dilakukan proses pengolahan seperti usaha pengolahan kerupuk, amplang, dan ikan asin. Namun usaha tersebut masih dilakukan secara sederhana dan sebagai usaha sampingan.  Belum banyak masyarakat di  Desa Saliki mengembangan usaha-usaha alternatif.  Usaha-usaha pengolahan yang dilakukan oleh ibu-ibu masih skala kecil (rumah tangga) dan masih belum beragam olahan.  Pemanfaatan potensi hasil dari usaha buddiaya dan tangkapan nelayan yang cukup besar dilakukan melalui kegiatan usaha pengolahan hasil perikanan yang dapat meningkatkan nilai tambah produk, peningkatan pendapatan dan menjadi instrument penguatan ekonomi rumah tangga pelaku usaha. Pengembangan kegiatan usaha ini membutuhkan berbagai upaya perencanaan yang diawali dengan identifikasi potensi usaha dan pelaku usaha dalam hal ini adalah yang tergabung dalam kelompok usaha bersama.

References

Adi Patra, A. D. (2017). Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos-Chanos) Cabut Duri. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.35906/jipm01.v1i1.244

Fallis, A. . (2013). pedoman umum pengelolaan PBB-P2. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hadiwijaya, & Febrianty, D. (2019). Pendampingan Komunitas UMKM Batu Bata melalui Penggunaan Aplikasi Perhitungan Stock berbasis E-Commerce di Desa Pasir Putih Ujung Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 3(2), 262–270.

Hafiludin. (2015). Analisis Kandungan Gizi Pada Ikan Bandeng Yang Berasal Dari Habitat Yang Berbeda. Jurnal Kelautan, 8(1), 37–43.

Handarsari, E., Hidayah, F. F., Studi, P., Universitas, G., Semarang, M., Kimia, P., Muhammadiyah, U., Studi, P., Universitas, G., & Semarang, M. (2017). Deseminasi : Pembuatan Air Bersih Dengan Memanfaatkan Air Hujan Melalui Penyaring Pipa Bersusun Berbasis Adsorben. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, September, 496–503.

Nainggolan, A. A., Arbaningrum, R., Nadesya, A., Harliyanti, D. J., & Syaddad, M. A. (2019). Alat Pengolahan Air Baku Sederhana Dengan Sistem Filtrasi. Widyakala Journal, 6, 12. https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i0.187

Noor Aslikin, A., & Kusumaningrum, I. (2016). Uji Organoleptik Amplang Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Yang Difortifikasi Dengan Tepung Tulang Ikan Belida. Media Sains, 9, 152–161.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles