Pemberdayaan Siswa SDN Mulyorejo 1/237 Kota Surabaya Dalam Pemanfaatan Sampah Non Organik Untuk Peningkatan Kesadaran Lingkungan Hidup

Authors

  • Mochammad Novrizal Adjietama Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia Author
  • Risa Bonani Prastika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia Author
  • Evianti Kharima Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia Author
  • Condro Widodo Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/rr85xd04

Keywords:

KKN, Lingkungan Hidup, Pengolahan Sampah

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Dalam program ini, mahasiswa turun langsung ke masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan yang guna membantu memecahkan masalah atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat. SDN Mulyorejo 1/237 Kota Surabaya merupakan sekolah yang terletak di Kelurahan Mulyorejo, Kota Surabaya. Pada kegiatan kali ini kelompok 07 KKN-T Bela Negara UPN “Veteran Jawa Timur” melakukan kegiatan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran lingkungan dan memberikan edukasi kepada siswa-siswi di SDN Mulyorejo 1/237 Kota Surabaya yaitu dengan cara memanfaatkan sampah non-organik menjadi barang yang mempunyai nilai guna. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan  kesadaran lingkungan dan juga kreativitas bagi siswa-siswi SDN Mulyorejo 1/237 Kota Surabaya. Para siswa mulai memahami betapa pentingnya menjaga lingkungan serta bagaimana cara memanfaatkan sampah non-organik. Kegiatan ini diselenggarakan dengan baik dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kali ini memberi dampak positif sehingga diharapkan dapat membawa manfaat yang berguna bagi siswa-siswi SDN Mulyorejo 1/237 Kota Surabaya

References

Ghufron, M. I., & dkk. (2021). PKM Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Non Organik Berbasis Ecobrick dalam Meningkatkan Ekonomi dan Kreativitas Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Mawaddah. GUYUB: Journal of Community Engagement Volume 2 Nomor 3, 662-680.

Harimurti, S. M., & dkk. (2020). Pengolahan Sampah Anorganik: Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding PKM-CSR: Lingkungan Hidup dan Kebencanaan Volume 3, 565-572.

Martini, M., & Windarto, W. (2020). Pemberdayaan Sekolah dalam Pengelolaan sampah sebagai bahan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 1-210.

Malihah, L. (2022). TANTANGAN DALAM UPAYA MENGATASI DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN MENDUKUNG PEMBANGUNAN EKONOMI BERKELANJUTAN: SEBUAH TINJAUAN. Jurnal Kebijakan Pemerintah Volume 17 Nomor 2, 219-232.

Sugandi, K. M., & dkk. (2022). Analisis Kesadaran dan Upaya Masyarakat dalam Permasalahan Sampah di Desa Sukamaju. Jurnal Penelitian Inovatif Volume 2 Nomor 3, 441-452.

Downloads

Published

2024-08-09

Issue

Section

Articles