Pelatihan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Keterampilan Hard Skill

Authors

  • Firdayanti Firdaus Universitas Potensi Utama, Indonesia Author
  • Nova Andriani Universitas Potensi Utama, Indonesia Author
  • Nur Anzelina Hrp Universitas Potensi Utama, Indonesia Author
  • Putri Khaylani Universitas Potensi Utama, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/3d99r680

Keywords:

Microsoft Excel, Pengabdian kepada Masyarakat, Hard Skill

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan pada Siswa SMP Bina Satria dalam penggunaan Microsoft Excel. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial pelibatan latihan langsung berupa penyampaian materi-materi dan latihan terkait pengenalan fitur dan dasar microsoft excel / spreadsheet, penghitungan numerik, dan format tabel. Hasil pengabdian ini menunjukkan respon positif dari siswa dan pemahaman pentingnya pemahaman penggunaan microsoft excel sebagai penunjang hard skill mereka, dan juga adanya peningkatan pemahaman penggunaan microsoft excel dari yang belum mengetahui hingga memahami.

References

Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan Dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel Pada Smu Swasta Dharmawangsa Medan. Abdikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50-57.

Hartini, H., Apriyanti, E., & Alang, H. (2022). Pelatihan microsoft office kepada remaja di desa kindang. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 57-62.

Nugroho, Ichwan, dkk. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Siswa SMP Kamandaka Bogor. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Abdi Relegia, 1(1), 89 -97.

Priatna, Apit, dkk. (2021). Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Komptenesi Siswa SMK Rosma Karawang dalam Mengolah Data, Jurnal Abdimas: Sistem dan Teknologi Informasi, 01(01), 7 - 12.

Wali, M., & Mukhtar, M. (2020). PKM: Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 31-34.

Downloads

Published

2024-08-09

Issue

Section

Articles