Pemeriksaan Kesehatan (Tekanan Darah, Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol) Masyarakat di Asrama Haji Medan

Authors

  • Ikhsan Ibrahim Pohan Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Hakim Irwandi Marpaung Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Irda Wahidah Nasution Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Sri Handayani Siregar Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Helmiwati Helmiwati Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Sri Muri Dasawardhani Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Rismaidah Purba Politeknik Kesehatan YRSU Dr. Rusdi Medan, Indonesia Author
  • Nurul Hidayah Nasution STIT HASIBA TAPTENG, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/kg6ngr88

Keywords:

Pemeriksaan Kesehatan, Tekanan Darah, Kolesterol, Asam Urat, Glukosa Darah

Abstract

Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mencegah munculnya gejala suatu penyakit. Tiga masalah kesehatan penting diantaranya bertambahnya penyakit tidak menular, penyakit infeksi dan kemunculan penyakit yang seharusnya sudah berhasil diatasi. Pemeriksaan dapat berupa tekanan darah, kolesterol, asam urat dan glukosa darah. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di  Asrama Haji Medan, Metode pemeriksaan kesehatan yang digunakan yaitu Point of Care Testing (POCT).  Sampel berupa darah responden  yang berjumlah 25 orang. Kegiatan pemeriksaan kesehatan menggunakan alat berupa  tensimeter, stick GCU (Glucosa, cholesterol, uric acid) Easy Touch auto click,  tissue, bolpoint, lancetpen/lancet, alcohol swab, sarung tangan, dan lembar data hasil pemeriksaan kesehatan. Teknik pengumpulan data adalah data responden yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan dijelaskan secara deskriptif. Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan melakukan registrasi/pendaftaran terlebih dahulu guna mendata jumlah, nama, alamat dan nomor handphone responden yang melakukan pengecekan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang memiliki peran penting agar masyarakat lebih sadar akan kualitas kesehatan yang dimiliki. Tidak sedikit masyarakat yang tidak menyadari manfaat dari pemeriksaan kesehatan rutin sehingga dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dapat menambah pengetahuan masyarakat akan hal-hal apa saja yang harus dilakukan guna menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

References

Dorland WA. Newman. (2015). Kamus kedokteran dorland. Edisi ke-29. Jakarta: EGC

International Diabetes Federation. (2015). IDF Diabetes Atlas – 7th Edition. Belgium.

Kemenkes RI. (2009). Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Mukaromah, A.H., Putri, G.S.A., Wijanarko, N.Q. dan Sya’diah, P.R.H. (2020). Pemeriksaan Glukosa, Kolesterol, dan Asam Urat pada Masyarakat Peserta Car Free Day di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Semarang. Jurnal Surya Masyarakat. Volume 2, edisi 2. Hal: 133-138

World Health Organization. (2016). Global Report On Diabetes. WHO Library Cataloguing-in Publication Data

Downloads

Published

2024-08-10

Issue

Section

Articles