Pemanfaatan Tempe Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Brownies Tempe Di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho

Authors

  • Reza Septiana Refani Universitas Bojonegoro, Indonesia Author
  • Saraswati Saraswati Universitas Bojonegoro, Indonesia Author
  • Amalia Ma’rifatul Maghfiroh Universitas Bojonegoro, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/pekes022

Keywords:

brownies, kue, PKK, Sugihwaras, Tempe

Abstract

Pengembangan produk pangan berbasis kearifan lokal dapat dijadikan ide untuk memberdayakan masyarakat Desa Sugihwaras. kearifan lokal bersumber dari sumber daya lokal. Permasalahan yang sering muncul adalah bahan pangan lokal belum mendapat perhatian khusus dari masyarakat setempat, apabila produk dikembangkan menjadi produk yang inovatif, tentu hal tersebut dapat menjadi potensi nilai jual yang menarik. Kegiatan pelatihan ditujukan untuk menarik masyarakat dalam penggunaan bahan pangan lokal sebagai sekitar bahan tambahan dalam pembuatan brownies, serta memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara lain mengolah produk tempe yang tidak hanya bisa diolah menjadi lauk atau makanan pendamping nasi saja namun dapat diolah menjadi brownies. Pembuatan produk ini ditujukan kepada ibu-ibu pengurus PKK, di Desa SugihwarasMetode yang digunakan dalam pelatihan adalah diskusi, pemaksaan dan praktek langsung membuat brownies tempe.Para peserta sangat antusias dalam proses pembuatan brownies. Dalam kegiatan proses pembuatan hingga masak, acara hiburan yang menambah antusias ibu-ibu PKK, keberhasilan dari pelatihan pembuatan brownies dilihat dari brownies yang mengembang dan rasa yang enakTempe merupakan makanan tradisional dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Pengrajin tempe banyak ditemukan di Pulau Jawa khususnya di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. KKN kelompok 16 kemudian berupaya untuk mengkreasikan produk tempe menjadi brownies yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Desa Sugihwaras untuk meningkatkan kreativitas dengan menciptakan produk agar dapat menjadi potensi serta memiliki nilai jual. Kegiatan pelatihan pembuatan brownies tempe ini berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.

References

Ishartani, D., Atmaka, W., Khasanah, L. U., Ariviani, S., & Siswanti. (2021). Peningkatan Kapasitas dan Mutu Produk Brownies Tempe di Industri Rumah Tangga ( IRT ) “ Browniesta ” melalui Introduksi Teknologi Tepat Guna Improvement of Tempeh Brownies Production Capacity and Product Quality through Appropriate Technology Introduced t. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 2(1), 23–31.

Maghfiroh, A. M., & Abryandoko, E. W. (2024). Pelatihan Pengolahan Sampah dengan Mesin Pirolisis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 65–70.

Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (2023a). Pelatihan Pembuatan Kipas Angin Portabel Di Mts Abu Darrin Bojonegoro. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6290–6294.

Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (2023b). Pelatihan Pembuatan Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 93–100.

Nabila, S. M., Rasyd, A., Prastuti, A. W., Jauhari, M. A., Al-aqsha, L. M. R. R., Atman, B. E. T., Susanti, S., Sari, N., Maenarni, L., & Agustin, M. (2023). PEMBUATAN BROWNIES TEMPE SEBAGAI MAKANAN SEHAT GUNA MENINGKATKAN GIZI PADA ANAK DAN IBU HAMIL DESA BATU NAMPAR. Jurnal Wicara Desa, 1(April), 326–332.

Purwani, A. S., Rachma, A. Y., Hariawan, D. A., Wahyuda, D. Q., Sari, I., Hidayat, K., Rizqi, W., Soraya, M., Dewi, E. R., Hidayat, M., Septiani, N. H., & Kurniasari, Y. (2023). Pemanfaatan Tempe Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Brownies ( Brotela ) di Dusun Bromo , Desa Kalinegoro , Magelang. Bangun Desa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 69–76.

Supatminingsih, T., & Syamsidah. (2022). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga melalui Pelatihan Brownis Tempe untuk Mengembangkan Minat Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 182–189.

Supatminingsih, T., Syamsidah, & Widodo, S. (2021). Pendampingan Ibu-Ibu Rumah Tangga melalui Pelatihan Brownies Tempe di Desa Panciro Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 10–17.

Downloads

Published

2024-08-29

Issue

Section

Articles