Penerapan Promosi Digital dan Aplikasi Pembukuan Keuangan Pada UMKM di Desa Lintas Utara

Authors

  • Asyrul Fikri Universitas Riau, Indonesia Author
  • Rani Jayanti Universitas Riau, Indonesia Author
  • Adila Fitri Saphira Universitas Riau, Indonesia Author
  • Putri Febrianti Universitas Riau, Indonesia Author
  • Norhafizah Syafitri Universitas Riau, Indonesia Author
  • Rebi Cahaya Musdalipah Universitas Riau, Indonesia Author
  • Vika Ami Raditha Universitas Riau, Indonesia Author
  • Sella Dwi Purnami Rilanti Universitas Riau, Indonesia Author
  • Rio Harapan Harahap Universitas Riau, Indonesia Author
  • Herwanto Herwanto Universitas Riau, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.59837/th57nj21

Keywords:

Branding UMKM, Digitalisasi UMKM, Google Maps, Pembukuan Keuangan, Aplikasi BukuKas

Abstract

Program digitalisasi pada UMKM bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan UMKM dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal dan nasional. Pelaku UMKM menghadapi kesulitan dalam mengembangkan usahanya karena kurangnya pemahaman dalam menggunakan teknologi digital, seperti menyusun pembukuan keuangan secara digital dan juga lokasi usaha yang belum terjangkau secara luas. Tujuan pengabdian ini supaya para pelaku UMKM dapat dengan mudah mencatat transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi BukuKas dan penyebaran lokasi usaha melalui pemetaan pada Google Maps. Kegiatan pemasangan point Google Maps ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu perkembangan UMKM antara lain Direction, share place, dan review yang bisa disertai dengan gambar. Metode yang digunakan untuk kegiatan ini menggunakan pendekatan sosialisasi dan pendampingan yaitu memberikan penjelasan tentang penggunaan aplikasi BukuKas dan pencantuman langsung lokasi usaha ke Google Maps. Hasil dari kegiatan ini dengan terdaftarnya lokasi usaha pada layanan Google Maps memudahkan orang-orang melakukan pencarian dan memberikan penilaian sehingga branding UMKM tersebut bisa meningkat dan menambah jumlah konsumen serta diharapkan para pelaku UMKM mampu mengoperasikan aplikasi BukuKas.

References

Immanuel Pharosandika Sihombing, T. Y. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital pada UMKM: Penggunaan Media Sosial dan Google Maps untuk Meningkatkan Visibilitas dan Aksesibilitas.

Nadya Fatma Intani, A. N. (2022). BRANDING USAHA JAJANAN SERTA PENCANTUMAN NAMA USAHA KE DALAM GOOGLE MAPS.

Nurul Zairina, Z. W. (2023). Penguatan Legalitas Usaha dan Digitalisasi pada UMKM di Kecamatan Sedayu.

Riani Sukma Wijaya, D. S. (2021). SOSIALISASI APLIKASI BUKUKAS SOLUSI PEMBUKUAN KEUANGAN DIGITAL BAGI UMKM LUBUK MINTURUN.

Utami, Ratih Apri, Indah Ibanah, and Nurul Dwi Novikarumsari. "Pendampingan Sistem Aplikasi Keuangan dan Pengembangan Promosi Digital UKM “Resep Iboe” dalam Penerapan Less contact Economy Covid-19." SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5.1 (2021): 760-766.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles